Gambar adalah produk budaya yang mengiringi perkembangan hidup
manusia. Jaman purba manusia sudah mengenal gambar. Hal ini dapat ditunjukkan
dengan adanya temuan gambar pada dinding gua dimana manusia purba pernah
tinggal. Setelah manusia mengenal bahasa tulis, gambar tetap digunakan manusia
dalam kebudayaannya. Di jaman digital gambar masih menduduki posisi vital.
Menu-menu pada perangkat elektronik banyak menggunakan gambar (ikon).
Dimana sebenarnya
letak kekuatan gambar? Gambar ternyata mudah dikenali dan gampang membekas
pada otak manusia. Sebuah gambar terkadang bisa mewakili banyak makna dan
banyak penjelasan secara tertulis. Gambar/relief pada candi lebih efektif digunakan
menyampaikan pesan moral religius pada manusia. Orang Indonesia lebih suka menghafal
jalan dengan mengkaitkan rupa bentuk/bangun daripada nama jalan. Tanda rambu di
jalan lebih mdah ditangkap maksudnya daripada uraian kalimat. ItulahSebabnya meski
sudah mengenal bahasa tulis manusia tetap menggunakan media gambar untuk
menyampaikan pesan.
Dalam buku Quantum Learning disebutkan bahwa gambar memberi
pengaruh yang positif pada pembelajar. Siwa disarankan menghindari mencatat
dengan cara yang kaku yaitu mengurut dari atas kebawah dengan mempertimbangkan letak
pokok pikiran dan sub pokok pikiran. Teori Quantum learning menyarankan bentuk catatan siswa dibuat dengan
melibatkan gambar. Hubungan antara pokok bahasan/pikiran divisualisasikan
dengan garis. Demikian juga antara pokok bahasan/pikiran dengan sub-subnya
duhubungkan dengan garis. Agar memberi penguatan kesan serta memberi suasana
positif maka dalam catatan dimasukkan gambar.
Berangkat dari pemikiran itu penulis mencoba membuat komik
sebagai media pembelajaran. Tentu tidak semua materi lebih mudah dicerna siswa
dengan bentuk komik. Bahkan materi yang kompleks sangat sulit disusun oleh guru
dan sulit dicerna oleh siswa dengan media komik. Komik menjadi menarik dan
mudah dipahami siswa jika menyajikan materi yang bersifat informatif. Sementara
materi yang kompleks akan lebih mudah jika disampaikan lewat diskusi, pemodelan,
ceramah, lembar kerja dan penggunaan media yang tepat.
Berikut contoh komik yang mungkin tepat untuk dibaca siswa
dirumah sebelum proses pembelajaran di kelas.
Lengkapnya bisa lihat di sini
Atau versi video lihat di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar