Inquiri
(Menemukan) adalah salah satu komponen CTL. Diharapkan dengan proses Inquiri dalam
pembelajran akan lebih memberi makna (meaningful learning) bukan menghafal
(rote learning). Selain itu inquiri memberi kesan lebih kuat tentang hasil
belajar pada diri siswa. inquiri juga akan dasar yang kokoh pada diri siswa untuk
melakukan eksplorasi pengetahuannya lebih dalam.
Setidaknya
ada dua bentuk yang bisa dilakukan guru ketika memakai metode inquiri dalam
pembelajaran Dalil/Teorema Pythagoras. Pertama siswa menemukan rumus lewat data
pengukuran pada beberapa segitiga siku-siku. Kedua siswa menemukan rumus lewat
manipulasi obyek berupa persegi dan segitiga. Keduanya memerlukan Lembar Kerja (LK)
untuk mengarahkan siswa dalam proses Inquiri.
A Pengukuran.
1.
Media berupa Segitiga siku-siku berbagai ukuran.
Segitiga siku-siku bisa berupa gambar tulis, gambar timbul atau satuan benda. Ukurannya
Segitiga dipilih tripel Pythagoras misal (1). 6 cm, 8 cm, 10, cm (2). 5 cm, 12
cm, 13 cm (3). 8 cm, 15 cm, 17 cm.
2.
LK
Satuan Pendidikan : ...........
Pelajaran : Matematika
Topik :
Teorema Pythagoras
Sub Topik : .............
Kelas/Semester : 8/Ganjil
Nama Kelompok :
Anggota : 1................................. 2...................................
3................................
4..................................
Lakukan pengukuran pada sisi-sisi tiga
segitiga yang tersedia (ukuran dalam bilangan bulat terdekat). Hasil pengukuran
masukkan tabel berikut:
Ket. a= sisi siku-siku 1
b= sisi siku-siku 2
c= hipotenusa
*(Siswa sebelumnya diajarkan
identifikasi sisi-sisi segitiga siku-siku)
Segitiga siku-siku (i)
Hasil
Pengukuran
|
Tindak
Lanjut
|
||||
a
|
b
|
c
|
a2
|
b2
|
c2
|
Segitiga siku-siku (ii)
Hasil
Pengukuran
|
Tindak
Lanjut
|
||||
a
|
b
|
c
|
a2
|
b2
|
c2
|
Segitiga siku-siku (iii)
Hasil
Pengukuran
|
Tindak
Lanjut
|
||||
a
|
b
|
c
|
a2
|
b2
|
c2
|
Hasil masing-masing tindak lanjut
masukkan pada tabel berikut:
Segitiga
(i)
|
a2
|
b2
|
c2
|
................................
|
................................
|
..............................
|
|
................................ + ..............................
|
...............................
|
||
Bandingkan
hasil a2 + b2 dengan c2. Apa simpulanmu?
|
|||
Segitiga
(ii)
|
a2
|
b2
|
c2
|
................................
|
................................
|
..............................
|
|
................................ + ..............................
|
...............................
|
||
Bandingkan
hasil a2 + b2 dengan c2. Apa simpulanmu?
|
|||
Segitiga
(iii)
|
a2
|
b2
|
c2
|
................................
|
................................
|
..............................
|
|
................................ + ..............................
|
...............................
|
||
Bandingkan
hasil a2 + b2 dengan c2. Apa simpulanmu?
|
Coba buat simpulan tentang hubungan
antara sisi siku-siku dan hipotenusa pada segitiga siku-siku (dengan susunan
kalimatmu sendiri).
Bandingkan simpulanmu dengan bahasa
ilmiah pada buku paket.
Rayakan hasil
kerjamu dengan tulisan/gambar pada tempat ini!
|
B Manipulasi persegi dan segitiga siku-siku
1.
Media berupa triplek atau kertas tebal yang
disusun sebagai berikut :
*Warna 4 segitiga dipilih kontras dengan warna persegi.
2.
LK
Lembar Kerja
Satuan Pendidikan : ...........
Pelajaran : Matematika
Topik :
Teorema Pythagoras
Sub Topik : .............
Kelas/Semester : 8/Ganjil
Nama Kelompok :
Anggota : 1................................. 2...................................
3................................
4..................................
*(Siswa sebelumnya diajarkan
identifikasi sisi-sisi segitiga siku-siku)
Susun segitiga kedalam persegi seperti berikut:
Tabel Kiri
|
Tabel Kanan
|
1. Apa
bentuk bangun dari daerah persegi yang tidak tertutup segitiga?
2. Berapa
luas daerah tersebut
|
1. Apa
bentuk kedua bangun dari daerah persegi yang tidak tertutup segitiga?
2. Berapa
luas masing-masing?
|
3. Menurutmu bagaimana dengan luas daerah yang tidak tertutup
segitiga pada kedua percobaan?
*(salah satu lebih luas atau sama)
4. Susun simpulanmu dalam bahasa matematika
Luas daerah tersisa percobaan pertama
................................Luas daerah sisa pada percubaan kedua
................................
=......................................... +
......................................
Sekarang coba
buat simpulan tentang hubungan antara sisi siku-siku dan hipotenusa pada
segitiga siku-siku (dengan susunan kalimatmu sendiri).
Bandingkan
simpulanmu dengan bahasa ilmiah pada buku paket.
|
Rayakan hasil kerjamu dengan
tulisan/gambar pada tempat ini!
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar