Laman

Minggu, 06 Desember 2015

METODE INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN DALIL PYTHAGORAS

Inquiri (Menemukan) adalah salah satu komponen CTL. Diharapkan dengan proses Inquiri dalam pembelajran akan lebih memberi makna (meaningful learning) bukan menghafal (rote learning). Selain itu inquiri memberi kesan lebih kuat tentang hasil belajar pada diri siswa. inquiri juga akan dasar yang kokoh pada diri siswa untuk melakukan eksplorasi pengetahuannya lebih dalam.
Setidaknya ada dua bentuk yang bisa dilakukan guru ketika memakai metode inquiri dalam pembelajaran Dalil/Teorema Pythagoras. Pertama siswa menemukan rumus lewat data pengukuran pada beberapa segitiga siku-siku. Kedua siswa menemukan rumus lewat manipulasi obyek berupa persegi dan segitiga. Keduanya memerlukan Lembar Kerja (LK) untuk mengarahkan siswa dalam proses Inquiri.

A Pengukuran.


1.       Media berupa Segitiga siku-siku berbagai ukuran. Segitiga siku-siku bisa berupa gambar tulis, gambar timbul atau satuan benda. Ukurannya Segitiga dipilih tripel Pythagoras misal (1). 6 cm, 8 cm, 10, cm (2). 5 cm, 12 cm, 13 cm (3). 8 cm, 15 cm, 17 cm.

2.       LK                                                       
                                                         Lembar Kerja
Satuan Pendidikan           : ...........
Pelajaran                           : Matematika
Topik                                : Teorema Pythagoras
Sub Topik                         : .............
Kelas/Semester                 : 8/Ganjil
Nama Kelompok :
Anggota               : 1.................................                            2...................................
                               3................................                             4..................................      
             
Lakukan pengukuran pada sisi-sisi tiga segitiga yang tersedia (ukuran dalam bilangan bulat terdekat). Hasil pengukuran masukkan tabel berikut:
Ket. a= sisi siku-siku 1
        b= sisi siku-siku 2
        c= hipotenusa
*(Siswa sebelumnya diajarkan identifikasi sisi-sisi segitiga siku-siku)

Segitiga siku-siku (i)
Hasil Pengukuran
Tindak Lanjut
a
b
c
a2
b2
c2








Segitiga siku-siku (ii)
Hasil Pengukuran
Tindak Lanjut
a
b
c
a2
b2
c2







Segitiga siku-siku (iii)
Hasil Pengukuran
Tindak Lanjut
a
b
c
a2
b2
c2







Hasil masing-masing tindak lanjut masukkan pada tabel berikut:
Segitiga (i)
a2
b2
c2
................................
................................
..............................
................................  + ..............................
...............................
Bandingkan hasil a2 + b2 dengan c2. Apa simpulanmu?
Segitiga (ii)
a2
b2
c2
................................
................................
..............................
................................  + ..............................
...............................
Bandingkan hasil a2 + b2 dengan c2. Apa simpulanmu?
Segitiga (iii)
a2
b2
c2
................................
................................
..............................
................................  + ..............................
...............................
Bandingkan hasil a2 + b2 dengan c2. Apa simpulanmu?
Coba buat simpulan tentang hubungan antara sisi siku-siku dan hipotenusa pada segitiga siku-siku (dengan susunan kalimatmu sendiri).

Bandingkan simpulanmu dengan bahasa ilmiah pada buku paket.
Rayakan hasil kerjamu dengan tulisan/gambar pada tempat ini!
                         

B Manipulasi persegi dan segitiga siku-siku

1.       Media berupa triplek atau kertas tebal yang disusun sebagai berikut :



                                                                                                                               
*Warna 4 segitiga dipilih kontras dengan warna persegi.

2.       LK
Lembar Kerja
Satuan Pendidikan           : ...........
Pelajaran                           : Matematika
Topik                                : Teorema Pythagoras
Sub Topik                         : .............
Kelas/Semester                 : 8/Ganjil
Nama Kelompok :
Anggota               : 1.................................                            2...................................
                               3................................                             4..................................                    

*(Siswa sebelumnya diajarkan identifikasi sisi-sisi segitiga siku-siku)
Susun segitiga kedalam persegi seperti berikut:



Tabel Kiri
Tabel Kanan
1.       Apa bentuk bangun dari daerah persegi yang tidak tertutup segitiga?

2.       Berapa luas daerah tersebut


1.       Apa bentuk kedua bangun dari daerah persegi yang tidak tertutup segitiga?

2.       Berapa luas masing-masing?
3. Menurutmu bagaimana dengan luas daerah yang tidak tertutup segitiga pada kedua percobaan?
*(salah satu lebih luas atau sama)

4. Susun simpulanmu dalam bahasa matematika
Luas daerah tersisa percobaan pertama ................................Luas daerah sisa pada percubaan kedua
................................ =......................................... + ......................................

Sekarang coba buat simpulan tentang hubungan antara sisi siku-siku dan hipotenusa pada segitiga siku-siku (dengan susunan kalimatmu sendiri).

Bandingkan simpulanmu dengan bahasa ilmiah pada buku paket.

Rayakan hasil kerjamu dengan tulisan/gambar pada tempat ini!
                         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar