Laman

Jumat, 11 Desember 2015

TUGAS SISWA PADA TOPIK FAKTORISASI BENTUK ALJABAR

(KELAS 8 SMP SEMESTER GANJIL)
Faktorisasi bentuk aljabar adalah materi/topik ajar yang isinya didominasi algoritma. Algoritma yang harus dikuasai siswa tergolong kompleks (rumit). Materi ini menuntut siswa menganalisa, mensintesa dan menggenelarisir pola dari sifat operasi hitung bentuk aljabar. Banyak siswa yang mengnggap materi ini cukup berat.

 Kadang ada usaha dari pengajar untuk mencoba menyajikan pembelajaran materi faktorisasi bentuk aljabar ini dengan media kongkrit. Tetapi sepertinya usaha ini kurang memberi efek nyata pada hasil belajar. Bahkan siswa yang paham alur logika dari materi ini masih ada yang tidak memperoleh hasil belajarnya bagus. Sebenarnya apa problem siswa dalam menguasai materi ini?


Karakter  materi ajar faktorisasi aljabar ini adalah berisi algoritma yang kompleks (beragam dan beralur panjang). Materi ini juga tampak seolah-olah seperti bahasa matemtis yang terprogram secara kaku dan baku. Agar siswa menguasai kompetensi faktorisasi aljabar yang punya karakter seperti diatas adalah banyak latihan. Mengapa harus banyak latihan? Analogi yang cocok untuk menjelaskannya barangkali adalah sebagai berikut : tidak cukup bahasa atau penjelasan tentang mengoperasikan dan menguasai komputer kecuali terus-menerus menggunakannya.

Tugas Portofolio

Untuk mendukung usaha agar siswa latihan seca intensif pada materi faktorisasi bentuk aljabar adalah memberi tugas siswa. Varian tugas yang mungkin bisa diberikan pada siswa adalah portofolio.
Pilihan format tugas portofolio mungkin bisa seperti berikut.
       Halaman Judul



        Halaman tugas I, Siswa memberi beberapa contoh soal dan penyelesaian : 
a.       Perkalian suku dua
b.      Pemfaktoran suku-suku aljabar biasa
Sebagai ilustrasi :
·         (2p - 3) (p + 6) = 2p2 + 9p - 18
·         6X 3Y - 4XY = 2XY (3X2 -2Y)

No
Soal
Jawaban
...


....
...................................


....................................
..........................................................
..........................................................

.........................................................
.........................................................

dst
Tugas diberikan setelah sub topik diajarkankan pada siswa
         Halaman tugas II, Siswa memberi beberapa contoh soal dan penyelesaian bentuk kuadrat :
a.       Memfaktorkan bentuk :  a2 – b2 =(a – b) (a + b)
b.      Memfaktorkan bentuk :  a2 + 2ab + b2 = (a + b)2

No
Soal
Jawaban
...


....
...................................


....................................
..........................................................
..........................................................

.........................................................
.........................................................

dst
Tugas diberikan setelah sub topik diajarkankan pada siswa
Halaman tugas III, Siswa memberi beberapa contoh soal dan penyelesaian bentuk kuadrat :
a.    Memfaktorkan :  aX2 + bX + c, a=0
b.    Memfaktorkan :  aX2 + bX + c, a≠0

No
Soal
Jawaban
...


....
...................................


....................................
..........................................................
..........................................................

.........................................................
.........................................................

dst
Tugas diberikan setelah sub topik diajarkankan pada siswa
      Lembar saran dan penilaian
Komentar/ Saran
                        Nilai                                                                       Tanda Tangan Guru


               .......................                                                    ....................................................


Semoga tulisan ini bisa bermanfaat

4 komentar: