(KELAS 8 SMP SEMESTER GANJIL)
Faktorisasi
bentuk aljabar adalah materi/topik ajar yang isinya didominasi algoritma. Algoritma
yang harus dikuasai siswa tergolong kompleks (rumit). Materi ini menuntut siswa
menganalisa, mensintesa dan menggenelarisir pola dari sifat operasi hitung
bentuk aljabar. Banyak siswa yang mengnggap materi ini cukup berat.
Kadang ada usaha dari pengajar untuk mencoba
menyajikan pembelajaran materi faktorisasi bentuk aljabar ini dengan media
kongkrit. Tetapi sepertinya usaha ini kurang memberi efek nyata pada hasil
belajar. Bahkan siswa yang paham alur logika dari materi ini masih ada yang tidak
memperoleh hasil belajarnya bagus. Sebenarnya apa problem siswa dalam menguasai
materi ini?
Karakter
materi ajar faktorisasi aljabar ini adalah
berisi algoritma yang kompleks (beragam dan beralur panjang). Materi ini juga tampak
seolah-olah seperti bahasa matemtis yang terprogram secara kaku dan baku. Agar
siswa menguasai kompetensi faktorisasi aljabar yang punya karakter seperti
diatas adalah banyak latihan. Mengapa harus banyak latihan? Analogi yang cocok untuk
menjelaskannya barangkali adalah sebagai berikut : tidak cukup bahasa atau
penjelasan tentang mengoperasikan dan menguasai komputer kecuali terus-menerus
menggunakannya.
Tugas Portofolio
Untuk
mendukung usaha agar siswa latihan seca intensif pada materi faktorisasi bentuk
aljabar adalah memberi tugas siswa. Varian tugas yang mungkin bisa diberikan
pada siswa adalah portofolio.
Pilihan format tugas portofolio mungkin bisa seperti
berikut.
Halaman Judul
|
a.
Perkalian suku dua
b.
Pemfaktoran suku-suku aljabar biasa
Sebagai ilustrasi :
·
(2p - 3) (p + 6) = 2p2 + 9p - 18
·
6X 3Y - 4XY 2 = 2XY (3X2 -2Y)
No
|
Soal
|
Jawaban
|
...
....
|
...................................
....................................
|
..........................................................
..........................................................
.........................................................
.........................................................
dst
|
Tugas diberikan setelah sub topik diajarkankan pada siswa
Halaman tugas II, Siswa
memberi beberapa contoh soal dan penyelesaian bentuk kuadrat :
a.
Memfaktorkan bentuk : a2 – b2 =(a – b) (a + b)
b.
Memfaktorkan bentuk : a2 + 2ab + b2
= (a + b)2
No
|
Soal
|
Jawaban
|
...
....
|
...................................
....................................
|
..........................................................
..........................................................
.........................................................
.........................................................
dst
|
Tugas diberikan setelah sub topik diajarkankan pada
siswa
Halaman tugas III, Siswa memberi
beberapa contoh soal dan penyelesaian bentuk kuadrat :
a.
Memfaktorkan :
aX2 + bX + c, a=0
b.
Memfaktorkan :
aX2 + bX + c, a≠0
No
|
Soal
|
Jawaban
|
...
....
|
...................................
....................................
|
..........................................................
..........................................................
.........................................................
.........................................................
dst
|
Tugas diberikan setelah sub topik diajarkankan pada
siswa
Lembar saran dan
penilaian
Komentar/ Saran
|
Nilai
Tanda Tangan Guru
.......................
....................................................
|
Semoga tulisan ini bisa bermanfaat
bisa dipertimbangkan sebagai bahan ajar nih
BalasHapusTerimakasih ya, bermanfaat sekali.
BalasHapusTerimakasih ya, bermanfaat sekali.
BalasHapusBagus ni artikelnya, thanks infonya ya gan
BalasHapus