Laman

Sabtu, 05 Desember 2015

PEMBELAJARAN TOPIK FUNGSI DENGAN PERMAINAN

Jatirogo, 5 Des 2015

Menyajikan pembelajaran dengan nuansa kegembiraan pada saat sekarang ini adalah sebuah tuntutan. Pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan tentu menjadi pilihan yang tepat karena permainan menimbulkan suasana hati senang, semangat dan tanpa beban.

Menyajikan materi matematika topik fungsi untuk siswa SMP dengan format permainan punya sisi unggul yang bisa pertimbangkan. (1) Memberi suasana gembira. (2) Permainan membantu memahami konsep fungsi yang abstrak menjadi lebih kongkrit. (3) Pembelajaran dengan melibatkan pikiran, emosi dan motorik memberi kesan yang dalam pada diri anak.


Tapi ada hal penting yang perlu dicermati. Permainan harus dibuat sederhana dimana dengan intuisi (nalar sederhana) siswa dapat menyelesaikan permainan. Agar kompetensi yang dituntut kurikulum terpenuhi terutama pembahasan yang menuntut aspek kognitif tinggi dan intelek maka diperlukan pembelajaran dalam ruang kelas.

Persiapan media dan perangkat pembelajaran mungkin dapat merujuk pada yang penulis praktekkan.

Media dari kertas tebal. Contoh :
                                                                      
Skema permainan secara umum adalah : (1) Membentuk kelompok daerah asal dimana tiap anggota membawa kertas anggota. (2) Membentuk kelompok daerah asal dimana tiap anggota membawa kertas anggota. (3) Seseorang memegang relasi atau fungsi berdiri antara dua himpunan. (4) permainan dilakukan sesuai kebutuhan (RPP).
 Permainan dirancang untuk menyajikan konsep materi ajar relasi dan fungsi yang abstrak kedalam bentuk yang kongkrit.

                                   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                  Satuan Pendidikan                :   SMP Negeri 1 Jatirogo
                                  Mata Pelajaran                      :   Matematika                                   
                                  Kelas / Semester                   :   VIII/1
                                  Materi Pokok                        :   Relasi dan Fungsi             
                                  Alokasi Waktu                      :   2 x 40 menit
                                  Tahun Pelajaran                    :   2013/2014
 


A.       Standar Kompetensi
1.       Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
B.        Kompetensi Dasar
1.3.  Memahami relasi dan fungsi

C.        Indikator
1.3.1.   Menyatakan pengertian relasi dan memberi contoh relasi dalam kehidupan sehari-hari.
1.3.2.   Menyatakan pengertian relasi dan memberi contoh fungsi dalam kehidupan sehari-hari.
1.3.3.   Menyatakan relasi atau fungsi dengan diagram panah, himpunan pasangan berurutan dan diagram cartesius.

D.       Materi Ajar
Relasi dan Fungsi

E.        Tujuan Pengajaran
1.       Peserta didik dapat menyatakan pengertian relasi dan memberi contoh relasi dalam kehidupan sehari-hari dengan kata-kata.
2.       Peserta didik dapat menyatakan pengertian fungsi dan memberi contoh fungsi dalam kehidupan sehari-hari dengan kata-kata.
3.       Peserta didik dapat Menyatakan relasi atau fungsi dengan diagram panah, himpunan pasangan berurutan dan diagram cartesius

F.        Sumber dan Media Pembelajaran
1.       Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya 2 Oleh Dewi Nuharini danTri Wahyuni
2.       Buku Kerja Siswa

G.       Strategi Pembelajaran
ü  Model Pembelajaran                   :   Pembelajaran langsung
ü  Metode Pembelajaran                 :   Permainan, ceramah, tanya jawab
ü  Pendekatan                                  :   CTL

1.       Pendahuluan            
Apersepsi :   Menceritakan tentang hubungan sekumpulan obyek   (data) dengan sekumpulan obyek (data) lain dalam kehidupan sehari- hari

Motivasi : Dalam matematika hal tersebut dikembangkan dengan basis matematis yang akan memberi manfaat bagi pengetahuan dan kecerdasan
Kegiatan Inti              

No.
Uraian
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
1.
Guru memberi pengantar singkat tentang relasi dan memberi arahan tentang  permainan yang akan dilakukan siswa  secara berkelompok diluar kelas.


V
2
Guru mengajak siswa ke luar ruang kelas dan memberikan sebuah relasi untuk satu kelompok yaitu : ibukota propinsi dari, kurang dari, setengah dari dan kuadrat dari


V
3.
Sekelompok siswa menjalankan permainan sebagian yang lain mengamati dan mencatat.
V
V
V
4.
Siswa dan guru masuk ruang kelas dan membahas hasil permainan secara akademis meliputi : (1) pengertian relasi. (2) membedakan fungsi dan bukan fungsi.
V
V
V
5.
Guru memberikan penjelasan dan contoh cara menyatakan suatu relasi atau fungsi dengan berbagai bentuk yaitu : diagram panah, himpunan pasangan berurutan dan diagram cartesius.
V

V
6.
Guru mengukur pemahan dan kemampuan siswa dengan melakukan penilaian

V
V

2.       Penutup     
ü  Guru dan peserta didik melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari
ü  Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
ü  Memberikan tugas rumah
H.       Penilaian    
1.       Jenis Tagihan                   :   Tes              
2.       Teknik                              :   Tes tertulis
3.       Bentuk Instrumen             :   Tes uraian       
4.       Soal / Instrumen               :
1.       Berikan satu contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan relasi nyatakan dengan diagram panah!
2.       Diketahui A={2,3,4} dan B={2,3,4,5,6}. Relasi “satu lebih kecil dari” menghubungkan  dari himpunan A ke himpunan B. Nyatakan relasi diatas dengan himpunan pasangan berurutan!
3.       Buat contoh relasi yang tergolong fungsi dan bukan fungsi masing-masing satu!

No
Jawaban
Bobot
            1.
Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan 
dengan relasi !
Misal jawaban :
                                 

 


1
2.
Diketahui A={2,3,4} dan B={2,3,4,5,6}. Relasi “satu lebih kecil dari” menghubungkan  dari himpunan A ke himpunan B. Nyatakan relasi diatas dengan himpunan pasangan berurutan!
Jawab :
{(2,3)(3,4)(4,5)}
1
3
Buat contoh relasi yang tergolong fungsi dan bukan fungsi masing-masing satu!
Misal jawaban :
a.       Fungsi “Setengah dari”
b.      Bukan fungsi “Guru dari”

2
       
Jumlah
4


  
................, ........ ....................
                       Mengetahui,
        Kepala SMP Negeri 1 Jatirogo                                    Guru Mata Pelajaran


         Drs.  S I S W A D I,  M.Pd                                       Drs. SLAMET WIDODO
         Nip. 19650617199003 1 012                                      NIP. 19690510199512 1 007    




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                   Satuan Pendidikan                :   SMP NEGERI 1 Jatirogo
                                   Mata Pelajaran                      :   Matematika                                   
                                  Kelas / Semester                    :   VIII/1
                                  Materi Pokok                         :  Relasi dan Fungsi
                                  Alokasi Waktu                       :    2 x 40 menit
                                  Tahun Pelajaran                     :   2013/2014


A.       Standar Kompetensi
1.       Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
B.        Kompetensi Dasar
       1.4.  Menentukan nilai fungsi
C.        Indikator
1.3.3.        Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
1.4.1.     Menghitung nilai fungsi
D.       Materi Ajar
Fungsi
E.        Tujuan Pengajaran
1.       Peserta didik dapat  menuliskan fungsi dengan berbagai notasi fungsi.
2.       Peserta didik dapat  menghitung nilai fungsi dari sebuah bilangan.
F.        Sumber dan Media Pembelajaran
1.       Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya 2 Oleh Dewi Nuharini danTri Wahyuni
2.       Buku Kerja Siswa
G.       Strategi Pembelajaran
ü  Model Pembelajaran                   :   Pembelajaran langsung
ü  Metode Pembelajaran                 :   Permainan, ceramah, tanya jawab
ü  Pendekatan                                  :   CTL
Pendahuluan 
Apersepsi    :  Membahas tugas rumah dan mengingatkan  kembali  materi yang telah dipelajari pada pada   pertemuan sebelinya

Motivasi   : Pembelajaran ini membutuhkan kemampuan yang lebih tinggi sehingga pantas untuk dijadikan tantangan
No.
Uraian
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
1.
Membahas tugas rumah
V
V
V
2.
Melalui peragaan membimbing siswa untuk menyatakan suatu fungsi dengan notasi fungsi dan sebaliknya membimbing siswa menyatakan  notasi  dalm bahasa sehari-hari
V

V
3.
Guru mengajak siswa untuk membuat kelompok dan melakukan permainan diluar ruangan. Permainan fungsi  dibuat dalam bentuk notasi


V
4.
Guru memberikan sebuah relasi untuk sebuah kelompok yaitu : f(X)=2X,             g:X->2X+1, f(X)=-X dan g(X)= 1/2X


V
  5.
Siswa dalam kelompok bermain menterjemahkan arti notasi fungsi dan mencari nilai fungsi. Kelompok yang tidak bermain mencatat proses permainan
V
V

6.
Guru bersama siswa masuk ruang kelas untuk membahas hasil permainan secara akademis
V
V
V
  7.
Guru menbuat soal yang lebih variatif untuk dikerjakan siswa didalam kelas
V
V

8.
Guru membahas soal yang dianggap sulit oleh peserta didik
V
V
V
9.
Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes
V
V


1.       Penutup   
ü  Guru dan peserta didik melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari
ü  Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
ü  Memberikan tugas rumah
H.       Penilaian    
1.       Jenis Tagihan                   :   Tes              
2.       Teknik                              :   Tes tertulis
3.       Bentuk Instrumen            :   Tes uraian       
4.       Soal / Instrumen              :
1.       Nyatakan bentuk-bentuk kata-kata
a.       f : x → 2x + 3                                     
b.      g( x ) = 4x – 5                                       
2.       Dibawah ini adalah fungsi yang menghubungkan A={-1,2,3} ke himpunan bilangan bulat. Tentukan bayangan masing-masing anggota A
a.       f ( x) = 2x + 3                                     
b.      g : x → -4x – 5 
3.       Jika f(x) = -1/2x + 5, tentukan nilai f(10) !
 Pedoman Penskoran :
No
Jawaban
Bobot
               1.
Nyatakan bentuk-bentuk berikut dengan notasi fungsi :
a.       f : x → 2x + 3
b.      g : x → 4x – 5 
Jawab :
a.       f adalah fungsi yang menghubungkan setiap x daerah asal ke bayangannya dengan rumus : 2x + 3
b.      g adalah fungsi yang menghubungkan setiap x daerah asal ke bayangannya dengan rumus : 4x – 5   

1
2.

Dibawah ini adalah fungsi yang menghubungkan A={-1,2} ke himpunan bilangan bulat. Tentukan bayangan masing-masing anggota A
a.       f ( x) = 2x + 3                                     
b.      g : x → -4x – 5 
Jawab :
a.       f ( x) = 2x + 3
f ( -1) = (2.-1) + 3
          = -2 + 3
          = 1
       (-1,1)
f ( x) = 2x + 3
f ( 2) = (2.2) + 3
          = 4 + 3
          = 7
       (2,7)

  1. g : x → - 4x – 5   
x=-1 →(-4.-1) – 5
                4 – 5
                   -1
           (-1,-1)
  1. g : x → - 4x – 5   
x=2 →(-4.2) – 5
                -8 – 5
                   -9
           (2,-9)


3
3.

Jika f(x) = -1/2x + 5, tentukan nilai f(10)  !
Jawab :
                 f(x) =  -1/2x + 5
                  f(10) = (-1/2.10) + 5
                            = -5 + 5
                              = 0
                         (10,0)
1

Jumlah
5

                                                                                                 ................, ........ ....................
                       Mengetahui,
        Kepala SMP Negeri 1 Jatirogo                                      Guru Mata Pelajaran



           Drs.  S I S W A D I,  M.Pd                                      Drs. SLAMET WIDODO
         Nip. 19650617199003 1 012                                       NIP. 19690510199512 1 007    
               


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                   Satuan Pendidikan               :   SMP NEGERI 1 Jatirogo
                                   Mata Pelajaran                     :   Matematika                                   
                                  Kelas / Semester                   :   VIII/1
                                  Materi Pokok                        :   Relasi dan Fungsi
                                  Alokasi Waktu                      :    2 x 40 menit
                                  Tahun Pelajaran                    :   2013/2014


A.       Standar Kompetensi
1.       Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus

B.        Kompetensi Dasar
1.4.  Menentukan nilai fungsi
        
C.        Indikator
1.4.2. Menghitung nilai asal jika diketahui bayangan 
1.4.3.  Melengkapi rumus fungsi jika nilai asal dan bayangan diketahui

D.       Materi Ajar
Fungsi

E.        Tujuan Pengajaran
1.      Peserta didik dapat menghitung nilai asal jika diketahui bayangan
2.      Peserta didik dapat melengkapi rumus fungsi jika nilai asal dan bayangan diketahui
3.      Peserta didik dapat menggambar grafik fungsi

F.        Sumber dan Media Pembelajaran
1.       Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya 2 Oleh Dewi Nuharini danTri Wahyuni
2.       Buku Kerja Siswa

G.       Strategi Pembelajaran
ü  Model Pembelajaran                   :   Pembelajaran langsung
ü  Metode Pembelajaran                 :   Permainan, ceramah, demonstrasi, tanya jawab
ü  Pendekatan                                  :   CTL


1.       Pendahuluan          
Apersepsi  :   Mengingatkan  kembali  dasar  dari  matematika,  banyak sekali       
              dalam kehidupan sehari-hari  merupakan logika matematika.
Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai  dengan  baik  oleh  siswa,   maka  
              akan bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal.

2.       Kegiatan Inti            

No.
Uraian
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
1.
Membahas tugas rumah
V
V
V
2.
Melalui peragaan membimbing peserta didik untuk mencari bayangan daerah asal
V


3.
Melalui peragaan membimbing peserta didik mencari nilai asal dari suatu bayangan
V
V

4.
Guru memberikan sebuah relasi untuk sebuah kelompok yaitu : f(X)=2X, f(X)=X2, f(X)=aX dan g(X)=X-b


V
4.
Membawa peserta didik ke luar ruang dan tiap kelompok melakukan kegiatan permainan yang terkait kemampuan hitung pada fungsi di atas. Kelompok yang tidak bermain mencatat proses permainan
V
V

5.
Membawa peserta didik masuk ruang dan membimbing peserta didik untuk membahas hasil permainan secara akademis
V
V
V
6.
Memberi soal-soal terkait melengkapi rumus fungsi
V
V
V
7.
Membahas jawaban soal latihan. Siswa yang siap mengerjakan ke depan
V
V
V
8.
Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes
V
V



3.       Penutup   
ü  Guru dan peserta didik melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari
ü  Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
ü  Memberikan tugas rumah

H.       Penilaian    
1.       Jenis Tagihan                  :   Tes              
2.       Teknik                            :   Tes tertulis
3.       Bentuk Instrumen          :   Tes uraian       
4.       Soal / Instrumen            :

1.       Diketahui g(x) = ½ x – 6. Hitung nilai g(-4)
2.       Diketahui f(x) = 3x + 5. Jika f(a) = 7 tentukan nilai a
3.       Diketahui f(x) = px - 9. Jika f(3) = 15 tentukan p

Pedoman Penskoran :

No
Jawaban
Bobot
               1.
Diketahui g(x) = ½ x – 6. Hitung nilai g(-4)
Jawab :
f(x) = ½ x - 6
f(-4) = (½ . -4) - 6
         = -2 – 6
         = -8
1
2.
Diketahui f(x) = 3x + 5. Jika f(a) = 17 tentukan nilai a
Jawab :
f(a) = 3a + 5
17    =  3a + 5
3a + 5 = 17
3a = 17 – 5
3a = 12
a    = 4
2
 

3.

Diketahui f(x) = px - 9. Jika f(3) = 15 tentukan p
Jawab :
f(3) = p.3 - 9
15   = 3p - 9
3p - 9 = 15
3p         = 15 + 9
3p         = 24
P           = 8

2

Jumlah
5
 ................, ........ ....................
                       Mengetahui,
        Kepala SMP Negeri 1 Jatirogo                                      Guru Mata Pelajaran



  
       Drs.  S I S W A D I,  M.Pd                                            Drs. SLAMET WIDODO
      Nip. 19650617199003 1 012                                            NIP. 19690510199512 1 007             

                                                                                                                                                                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                   Satuan Pendidikan                  :   SMP NEGERI 1 Jatirogo
                                   Mata Pelajaran                        :   Matematika                                   
                                  Kelas / Semester                      :   VIII/1
                                  Materi Pokok                           :  Relasi dan Fungsi
                                  Alokasi Waktu                         :    1 x 40 menit
                                  Tahun Pelajaran                       :   2013/2014

A.       Standar Kompetensi
1.       Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
B.        Kompetensi Dasar
1.5.  Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
C.        Indikator
*siswa mengenal kemungkinan menyusun fungsi jika diketahui   domain dan kodomain serta memperkenalkan korespondensi satu-satu (materi pengenalan)
1.5.1.   Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
1.5.2.   Menggambar grafik fungsi pada sistem koordinat kartesius

D.       Materi Ajar
Fungsi

E.        Tujuan Pengajaran
1.       Peserta didik dapat menentukan bentuk fungsi jika nilai dan fungsi diketahui.
2.       Peserta didik dapat menghitung nilai bentuk fungsi.
3.       Peserta didik dapat menggambar grafik fungsi.
F.        Sumber dan Media Pembelajaran
1.       Buku Sumber  
2.       Buku Kerja Siswa

G.       Strategi Pembelajaran
ü  Model Pembelajaran                   :   Pembelajaran langsung
ü  Metode Pembelajaran                 :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
ü  Pendekatan                                 :   CTL
1.       Pendahuluan          
Apersepsi:    Mengingatkan  kembali menyatakan relasi dengan diagram cartesius        
       Motivasi  :   Menekankan bahwa materi ini sangat mendukung pemahaman dan  penguasaan materi garis lurus pada pertemuan berikutnya. 
       
2.       Kegiatan Inti            

No.
Uraian
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
1.
Membahas tugas rumah
V
V
V
2.
Melalui ceramah dan peragaan guru menerarangkan cara menentukan kemumgkinan menyusun fungsi dan memperkenalkan korespondensi satu-satu.
V

V
3.
Guru memberikan domain yang terdiri bilangan bulat, fungsi dan kodomain bilangan bulat, kemudian mengajak siswa mendaftar dalam himpunan pasangan berurutan.
V
V

4.
Guru memperkenalkan cara tabel untuk menjelaskan hal yang sama
V
V

5.
Guru mendemonstrasikan mentranformasi dari bentuk tabel ke bentuk diagram cartesius.
V
V
V
6.
Guru memberikan contoh soal-soal latihan
V
V

7.
Beberapa peserta didik mengerjakan ke depan kelas soal-soal latihan yang diberikan oleh guru
V
V

8.
Guru membahas soal yang dianggap sulit oleh peserta didik
V
V
V
9.
Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes
V
V


3.       Penutup   
ü  Guru dan peserta didik melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari
ü  Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
ü  Memberikan tugas rumah
H.       Penilaian    
1.       Jenis Tagihan                   :   Tes              
2.       Teknik                                 :   Tes tertulis
3.       Bentuk Instrumen         :   Tes uraian       
4.       Soal / Instrumen            :
1.       Diketahui A={1, 2} dan B={a, b, c}. Jika dua himpunan tersebur dibuat fungsi dari himpunan A ke himpunan B, berapa paling banyak kamu dapat membentuk fungsi?
2.       Diketahui f(x) = 2x + 3. Lengkapilah tabel berikut dan gambar grafiknya:
x
-2
-1
0
1
2
f(x) = 2x + 3
....
....
....
....
....
       
 Pedoman pensekoran
No
Jawaban
Bobot
1.
Diketahui : n(A) = 2
                     n(B) = 3
Banyak fungsi yang bisa dibuat adalah n(B)n(A)
                                                          = 32
                                                         = 9
1
               2.
Diketahui f(x) = 2x + 3. Lengkapilah tabel berikut:
x
-2
-1
0
1
2
f(x) = 2x + 3
....
....
....
....
....
Jawab :
x
-2
-1
0
1
2
f(x) = 2x + 3
-1
1
3
5
7
(x , y)
(-2,-1)
(-1,1)
(0,3)
(1,5)
(2,7)




3








Jumlah Skor
4
    ........................ ....................
                       Mengetahui,
        Kepala SMP Negeri 1 Jatirogo                                    Guru Mata Pelajaran



  
       Drs.  S I S W A D I,  M.Pd                                         Drs. SLAMET WIDODO
      Nip. 19650617199003 1 012                                         NIP. 19690510199512 1 007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar