Menyajikan pembelajaran dengan nuansa kegembiraan pada saat sekarang ini adalah sebuah tuntutan. Pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan tentu menjadi pilihan yang tepat karena permainan menimbulkan suasana hati senang, semangat dan tanpa beban.
Menyajikan materi matematika topik fungsi untuk siswa SMP dengan format permainan punya sisi unggul yang bisa pertimbangkan. (1) Memberi suasana gembira. (2) Permainan membantu memahami konsep fungsi yang abstrak menjadi lebih kongkrit. (3) Pembelajaran dengan melibatkan pikiran, emosi dan motorik memberi kesan yang dalam pada diri anak.
Tapi ada hal penting yang perlu dicermati. Permainan harus dibuat sederhana dimana dengan intuisi (nalar sederhana) siswa dapat menyelesaikan permainan. Agar kompetensi yang dituntut kurikulum terpenuhi terutama pembahasan yang menuntut aspek kognitif tinggi dan intelek maka diperlukan pembelajaran dalam ruang kelas.
Persiapan media dan perangkat pembelajaran mungkin dapat merujuk pada yang penulis praktekkan.
Media dari kertas tebal. Contoh :
Skema permainan secara umum adalah : (1) Membentuk kelompok daerah asal dimana tiap anggota membawa kertas anggota. (2) Membentuk kelompok daerah asal dimana tiap anggota membawa kertas anggota. (3) Seseorang memegang relasi atau fungsi berdiri antara dua himpunan. (4) permainan dilakukan sesuai kebutuhan (RPP).
Permainan dirancang untuk menyajikan konsep materi ajar relasi dan fungsi yang abstrak kedalam bentuk yang kongkrit.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 1 Jatirogo
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : VIII/1
Materi
Pokok : Relasi dan Fungsi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Tahun Pelajaran : 2013/2014
A.
Standar
Kompetensi
1.
Memahami
bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
B.
Kompetensi
Dasar
1.3. Memahami relasi dan fungsi
C.
Indikator
1.3.1. Menyatakan pengertian relasi dan
memberi contoh relasi dalam kehidupan
sehari-hari.
1.3.2. Menyatakan pengertian relasi dan
memberi contoh fungsi dalam kehidupan sehari-hari.
1.3.3.
Menyatakan relasi atau fungsi dengan diagram panah, himpunan pasangan
berurutan dan diagram cartesius.
D.
Materi
Ajar
Relasi dan Fungsi
E.
Tujuan
Pengajaran
1.
Peserta
didik dapat menyatakan
pengertian relasi dan memberi contoh
relasi dalam kehidupan sehari-hari dengan kata-kata.
2.
Peserta
didik dapat menyatakan
pengertian fungsi dan memberi contoh
fungsi dalam kehidupan
sehari-hari dengan kata-kata.
3.
Peserta
didik dapat Menyatakan relasi atau fungsi dengan diagram panah, himpunan
pasangan berurutan dan diagram cartesius
F.
Sumber
dan Media Pembelajaran
1.
Buku Matematika
Konsep dan Aplikasinya 2 Oleh Dewi Nuharini danTri Wahyuni
2.
Buku
Kerja Siswa
G.
Strategi
Pembelajaran
ü
Model
Pembelajaran :
Pembelajaran langsung
ü
Metode
Pembelajaran : Permainan, ceramah, tanya jawab
ü Pendekatan : CTL
1.
Pendahuluan
Apersepsi :
Menceritakan tentang hubungan sekumpulan obyek (data) dengan sekumpulan obyek (data) lain
dalam kehidupan sehari- hari
Motivasi
: Dalam matematika hal tersebut dikembangkan dengan basis matematis yang akan
memberi manfaat bagi pengetahuan dan kecerdasan
Kegiatan Inti
No.
|
Uraian
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
1.
|
Guru memberi
pengantar singkat tentang relasi dan memberi arahan tentang permainan yang akan dilakukan siswa secara berkelompok diluar kelas.
|
V
|
||
2
|
Guru
mengajak siswa ke luar ruang kelas dan memberikan sebuah relasi untuk satu
kelompok yaitu : ibukota propinsi dari, kurang dari, setengah dari dan
kuadrat dari
|
V
|
||
3.
|
Sekelompok
siswa menjalankan permainan sebagian yang lain mengamati dan mencatat.
|
V
|
V
|
V
|
4.
|
Siswa dan
guru masuk ruang kelas dan membahas hasil permainan secara akademis meliputi
: (1) pengertian relasi. (2) membedakan fungsi dan bukan fungsi.
|
V
|
V
|
V
|
5.
|
Guru memberikan penjelasan dan
contoh cara menyatakan suatu relasi atau fungsi dengan berbagai bentuk yaitu
: diagram panah, himpunan pasangan berurutan dan diagram cartesius.
|
V
|
V
|
|
6.
|
Guru mengukur pemahan dan kemampuan
siswa dengan melakukan penilaian
|
V
|
V
|
2.
Penutup
ü Guru
dan peserta didik melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari
ü Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah
dipelajari
ü Memberikan
tugas rumah
H.
Penilaian
1.
Jenis Tagihan : Tes
2.
Teknik : Tes tertulis
3.
Bentuk Instrumen : Tes uraian
4.
Soal / Instrumen :
1.
Berikan
satu contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan relasi nyatakan
dengan diagram panah!
2.
Diketahui
A={2,3,4} dan B={2,3,4,5,6}. Relasi “satu lebih kecil dari” menghubungkan dari himpunan A ke himpunan B. Nyatakan
relasi diatas dengan himpunan pasangan berurutan!
3.
Buat
contoh relasi yang tergolong fungsi dan bukan fungsi masing-masing satu!
No
|
Jawaban
|
Bobot
|
1.
|
Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan relasi !
Misal jawaban :
|
1
|
2.
|
Diketahui A={2,3,4} dan B={2,3,4,5,6}.
Relasi “satu lebih kecil dari” menghubungkan
dari himpunan A ke himpunan B. Nyatakan relasi diatas dengan himpunan
pasangan berurutan!
Jawab :
{(2,3)(3,4)(4,5)}
|
1
|
3
|
Buat contoh relasi yang tergolong fungsi
dan bukan fungsi masing-masing satu!
Misal jawaban :
a.
Fungsi
“Setengah dari”
b.
Bukan
fungsi “Guru dari”
|
2
|
Jumlah
|
4
|
................, ........ ....................
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Jatirogo Guru Mata Pelajaran
Nip.
19650617199003 1 012 NIP. 19690510199512 1
007
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 1 Jatirogo
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : VIII/1
Materi Pokok : Relasi dan Fungsi
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Tahun
Pelajaran : 2013/2014
A.
Standar
Kompetensi
1.
Memahami
bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
B.
Kompetensi
Dasar
1.4. Menentukan nilai fungsi
C.
Indikator
1.3.3.
Menyatakan
suatu fungsi dengan notasi
1.4.1. Menghitung
nilai fungsi
D.
Materi
Ajar
Fungsi
E.
Tujuan
Pengajaran
1.
Peserta
didik dapat menuliskan fungsi dengan
berbagai notasi fungsi.
2.
Peserta
didik dapat menghitung nilai fungsi dari
sebuah bilangan.
F.
Sumber
dan Media Pembelajaran
1.
Buku Matematika
Konsep dan Aplikasinya 2 Oleh Dewi Nuharini danTri Wahyuni
2.
Buku
Kerja Siswa
G.
Strategi
Pembelajaran
ü
Model
Pembelajaran :
Pembelajaran langsung
ü
Metode
Pembelajaran : Permainan, ceramah, tanya jawab
ü Pendekatan : CTL
Pendahuluan
Apersepsi :
Membahas tugas rumah dan mengingatkan
kembali materi yang telah dipelajari
pada pada pertemuan sebelinya
Motivasi : Pembelajaran
ini membutuhkan kemampuan yang lebih tinggi sehingga pantas untuk dijadikan
tantangan
No.
|
Uraian
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
1.
|
Membahas tugas rumah
|
V
|
V
|
V
|
2.
|
Melalui
peragaan membimbing siswa
untuk menyatakan suatu fungsi dengan notasi fungsi dan sebaliknya membimbing siswa menyatakan notasi
dalm bahasa sehari-hari
|
V
|
V
|
|
3.
|
Guru mengajak siswa untuk membuat
kelompok dan melakukan permainan diluar ruangan. Permainan fungsi dibuat dalam bentuk notasi
|
V
|
||
4.
|
Guru memberikan sebuah relasi
untuk sebuah kelompok yaitu : f(X)=2X, g:X->2X+1, f(X)=-X dan g(X)=
1/2X
|
V
|
||
5.
|
Siswa dalam kelompok bermain
menterjemahkan arti notasi fungsi dan mencari nilai fungsi. Kelompok yang tidak
bermain mencatat proses permainan
|
V
|
V
|
|
6.
|
Guru bersama siswa masuk ruang
kelas untuk membahas hasil permainan secara akademis
|
V
|
V
|
V
|
7.
|
Guru menbuat soal yang lebih
variatif untuk dikerjakan siswa didalam kelas
|
V
|
V
|
|
8.
|
Guru
membahas soal yang dianggap sulit oleh peserta didik
|
V
|
V
|
V
|
9.
|
Untuk
mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes
|
V
|
V
|
1.
Penutup
ü Guru
dan peserta didik melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari
ü Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah
dipelajari
ü Memberikan
tugas rumah
H.
Penilaian
1.
Jenis Tagihan : Tes
2.
Teknik : Tes tertulis
3.
Bentuk Instrumen : Tes uraian
4.
Soal / Instrumen :
1.
Nyatakan
bentuk-bentuk kata-kata
a.
f : x
→ 2x + 3
b.
g( x
) = 4x – 5
2.
Dibawah
ini adalah fungsi yang menghubungkan A={-1,2,3} ke himpunan bilangan bulat.
Tentukan bayangan masing-masing anggota A
a.
f (
x) = 2x + 3
b.
g : x
→ -4x – 5
3.
Jika
f(x) = -1/2x + 5, tentukan nilai f(10) !
Pedoman Penskoran :
No
|
Jawaban
|
Bobot
|
1.
|
Nyatakan
bentuk-bentuk berikut dengan notasi fungsi :
a.
f :
x → 2x + 3
b.
g :
x → 4x – 5
Jawab :
a.
f
adalah fungsi yang menghubungkan setiap x daerah asal ke bayangannya dengan
rumus : 2x + 3
b.
g
adalah fungsi yang menghubungkan setiap x daerah asal ke bayangannya dengan
rumus : 4x – 5
|
1
|
2.
|
Dibawah ini
adalah fungsi yang menghubungkan A={-1,2} ke himpunan bilangan bulat.
Tentukan bayangan masing-masing anggota A
a.
f (
x) = 2x + 3
b.
g :
x → -4x – 5
Jawab :
a.
f (
x) = 2x + 3
f ( -1) = (2.-1) + 3
= -2 + 3
= 1
(-1,1)
f ( x) = 2x + 3
f ( 2) = (2.2) + 3
= 4 + 3
= 7
(2,7)
x=-1 →(-4.-1) – 5
4 – 5
-1
(-1,-1)
x=2 →(-4.2) – 5
-8 – 5
-9
(2,-9)
|
3
|
3.
|
Jika f(x) =
-1/2x + 5, tentukan nilai f(10) !
Jawab :
f(x) =
-1/2x + 5
f(10) = (-1/2.10) + 5
= -5 + 5
= 0
(10,0)
|
1
|
Jumlah
|
5
|
................, ........ ....................
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Jatirogo Guru
Mata Pelajaran
Drs. S I S W A D I, M.Pd Drs. SLAMET WIDODO
Nip.
19650617199003 1 012 NIP. 19690510199512 1
007
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP NEGERI 1 Jatirogo
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : VIII/1
Materi Pokok : Relasi dan Fungsi
Alokasi
Waktu
: 2 x 40 menit
Tahun Pelajaran : 2013/2014
A. Standar Kompetensi
1.
Memahami
bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
B.
Kompetensi
Dasar
1.4.
Menentukan nilai fungsi
C.
Indikator
1.4.2. Menghitung nilai asal
jika diketahui bayangan
1.4.3. Melengkapi rumus fungsi jika nilai asal dan
bayangan diketahui
D.
Materi
Ajar
Fungsi
E.
Tujuan
Pengajaran
1. Peserta didik dapat menghitung nilai asal
jika diketahui bayangan
2. Peserta didik dapat melengkapi rumus
fungsi jika nilai asal dan bayangan diketahui
3. Peserta
didik dapat menggambar grafik fungsi
F.
Sumber
dan Media Pembelajaran
1.
Buku Matematika
Konsep dan Aplikasinya 2 Oleh Dewi Nuharini danTri Wahyuni
2.
Buku
Kerja Siswa
G.
Strategi
Pembelajaran
ü
Model
Pembelajaran :
Pembelajaran langsung
ü
Metode
Pembelajaran : Permainan, ceramah, demonstrasi, tanya jawab
ü Pendekatan : CTL
1.
Pendahuluan
Apersepsi :
Mengingatkan kembali dasar
dari matematika, banyak sekali
dalam kehidupan sehari-hari merupakan logika matematika.
Motivasi :
Apabila materi ini
dikuasai dengan baik
oleh siswa, maka
akan bermanfaaat dalam
menyelesaikan soal-soal.
2.
Kegiatan
Inti
No.
|
Uraian
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
1.
|
Membahas
tugas rumah
|
V
|
V
|
V
|
2.
|
Melalui
peragaan membimbing peserta didik untuk mencari bayangan daerah asal
|
V
|
||
3.
|
Melalui peragaan membimbing
peserta didik mencari nilai asal dari suatu bayangan
|
V
|
V
|
|
4.
|
Guru memberikan sebuah relasi
untuk sebuah kelompok yaitu : f(X)=2X, f(X)=X2, f(X)=aX dan
g(X)=X-b
|
V
|
||
4.
|
Membawa peserta didik ke luar
ruang dan tiap kelompok melakukan kegiatan permainan yang terkait kemampuan
hitung pada fungsi di atas. Kelompok yang tidak bermain mencatat proses
permainan
|
V
|
V
|
|
5.
|
Membawa peserta didik masuk ruang
dan membimbing peserta didik untuk membahas hasil permainan secara akademis
|
V
|
V
|
V
|
6.
|
Memberi soal-soal terkait
melengkapi rumus fungsi
|
V
|
V
|
V
|
7.
|
Membahas
jawaban soal latihan. Siswa yang siap mengerjakan ke depan
|
V
|
V
|
V
|
8.
|
Untuk
mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes
|
V
|
V
|
3.
Penutup
ü Guru
dan peserta didik melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari
ü Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah
dipelajari
ü Memberikan
tugas rumah
H.
Penilaian
1.
Jenis Tagihan : Tes
2.
Teknik : Tes tertulis
3.
Bentuk Instrumen : Tes uraian
4.
Soal / Instrumen :
1.
Diketahui g(x) = ½ x – 6. Hitung nilai g(-4)
2.
Diketahui
f(x) = 3x + 5. Jika f(a) = 7 tentukan nilai a
3.
Diketahui
f(x) = px - 9. Jika f(3) = 15 tentukan p
Pedoman Penskoran :
No
|
Jawaban
|
Bobot
|
1.
|
Diketahui g(x) = ½ x – 6. Hitung nilai g(-4)
Jawab :
f(x) = ½ x - 6
f(-4) = (½ .
-4) - 6
= -2 – 6
= -8
|
1
|
2.
|
Diketahui f(x)
= 3x + 5. Jika f(a) = 17 tentukan nilai a
Jawab :
f(a) = 3a + 5
17 =
3a + 5
3a + 5 = 17
3a = 17 – 5
3a = 12
a = 4
|
2
|
3.
|
Diketahui f(x)
= px - 9. Jika f(3) = 15 tentukan p
Jawab :
f(3) = p.3 - 9
15 = 3p - 9
3p - 9 = 15
3p = 15 + 9
3p = 24
P = 8
|
2
|
Jumlah
|
5
|
................, ........ ....................
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Jatirogo Guru Mata Pelajaran
Drs. S I S W A D I, M.Pd Drs. SLAMET WIDODO
Nip.
19650617199003 1 012 NIP. 19690510199512 1
007
Satuan
Pendidikan : SMP NEGERI 1 Jatirogo
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : VIII/1
Materi Pokok : Relasi dan Fungsi
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
Tahun
Pelajaran : 2013/2014
A.
Standar
Kompetensi
1.
Memahami
bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
B.
Kompetensi
Dasar
1.5. Membuat sketsa grafik fungsi aljabar
sederhana pada sistem koordinat Cartesius
C.
Indikator
*siswa mengenal kemungkinan menyusun fungsi jika diketahui domain dan kodomain serta memperkenalkan
korespondensi satu-satu (materi pengenalan)
1.5.1. Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan
nilai fungsi
1.5.2. Menggambar grafik fungsi pada sistem
koordinat kartesius
D.
Materi
Ajar
Fungsi
E.
Tujuan
Pengajaran
1.
Peserta
didik dapat menentukan bentuk fungsi jika nilai dan fungsi diketahui.
2.
Peserta
didik dapat menghitung nilai bentuk fungsi.
3.
Peserta
didik dapat menggambar grafik fungsi.
F.
Sumber
dan Media Pembelajaran
1.
Buku
Sumber
2.
Buku
Kerja Siswa
G.
Strategi
Pembelajaran
ü Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
ü Metode Pembelajaran : Demonstrasi, tanya jawab, tugas
ü Pendekatan : CTL
1.
Pendahuluan
Apersepsi: Mengingatkan kembali menyatakan relasi dengan diagram
cartesius
Motivasi
: Menekankan bahwa materi ini
sangat mendukung pemahaman dan
penguasaan materi garis lurus pada pertemuan berikutnya.
2.
Kegiatan
Inti
No.
|
Uraian
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
1.
|
Membahas
tugas rumah
|
V
|
V
|
V
|
2.
|
Melalui
ceramah dan peragaan
guru menerarangkan cara
menentukan kemumgkinan menyusun fungsi dan memperkenalkan korespondensi
satu-satu.
|
V
|
V
|
|
3.
|
Guru memberikan domain yang
terdiri bilangan bulat, fungsi dan kodomain bilangan bulat, kemudian mengajak
siswa mendaftar dalam himpunan pasangan berurutan.
|
V
|
V
|
|
4.
|
Guru memperkenalkan cara tabel untuk
menjelaskan hal yang sama
|
V
|
V
|
|
5.
|
Guru mendemonstrasikan mentranformasi
dari bentuk tabel ke bentuk diagram cartesius.
|
V
|
V
|
V
|
6.
|
Guru
memberikan contoh soal-soal latihan
|
V
|
V
|
|
7.
|
Beberapa
peserta didik mengerjakan ke depan kelas soal-soal latihan yang diberikan
oleh guru
|
V
|
V
|
|
8.
|
Guru
membahas soal yang dianggap sulit oleh peserta didik
|
V
|
V
|
V
|
9.
|
Untuk
mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes
|
V
|
V
|
3.
Penutup
ü Guru
dan peserta didik melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari
ü Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah
dipelajari
ü Memberikan
tugas rumah
H.
Penilaian
1.
Jenis Tagihan : Tes
2.
Teknik : Tes tertulis
3.
Bentuk Instrumen : Tes uraian
4.
Soal / Instrumen :
1.
Diketahui A={1, 2} dan B={a, b, c}. Jika dua
himpunan tersebur dibuat fungsi dari himpunan A ke himpunan B, berapa paling
banyak kamu dapat membentuk fungsi?
2.
Diketahui
f(x) = 2x + 3. Lengkapilah tabel berikut dan gambar grafiknya:
x
|
-2
|
-1
|
0
|
1
|
2
|
f(x) = 2x + 3
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
Pedoman pensekoran
No
|
Jawaban
|
Bobot
|
||||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
Diketahui : n(A) = 2
n(B) = 3
Banyak fungsi yang bisa
dibuat adalah n(B)n(A)
= 32
= 9
|
1
|
||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
Diketahui f(x) = 2x + 3.
Lengkapilah tabel berikut:
Jawab :
|
3
|
||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah Skor |
4
|
................, ........ ....................
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Jatirogo Guru Mata Pelajaran
Drs. S I S W A D I, M.Pd Drs. SLAMET WIDODO
Nip. 19650617199003 1 012 NIP. 19690510199512 1 007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar