Laman

Sabtu, 12 Desember 2015

KEGIATAN LEPAS SEMESTER PEMBELAJARAN YANG SESUNGGUHNYA?

Usai ujian semester biasanya sekolah menyelenggarakan berbagai kegiatan non pembelajaran (ada yang menyebut class meeting). Kegiatan ini sifatnya rekreatif dan menghibur. Bentuknya bisa olahraga, seni, kreasi dan bakti sosial. Umumnya kegiatan dikemas dalam suasana kompetisi atau lomba(kecuali bakti sosial) agar ada greget dari siswa.

Ada yang menarik untuk dikaji dari kegiatan lepas semester ini. Lihat saja anak begitu lepas, gembira, penuh ekspresi dan penuh inisiatif. Hal yang jarang ditemui dalam pembelajaran rutin. Mungkin ada yang menganggap suasana hati siswa yang demikian adalah bentuk melepas rasa jenuh dari rutinitas belajar. Tetapi mungkinkah suasana lepas semester adalah suasana yang dinginkan anak dalam pembelajaran?


Jika kita berpijak pada pengertian pendidikan sebenarnya kegiatan lepas semester adalah kegiatan pembelajran juga. Kegiatan lepas semester bukan sekedar kegiatan pengisi waktu jeda antara ulangan semester dan penerimaan raport. Lebih dari itu pada kegiatan ini siswa dapat mengembangkan diri dalam pengertian holistik.

Apa saja yang dapat dipandang sebagai nilai positif dari kegiatan ini?

1.       Siswa belajar banyak hal.
Jika dalam pembelajaran rutin siswa belajar dengan satu prinsip keilmuan maka pada kegiatan ini siswa belajar dengan terintegrasi banyak bidang ilmu. Siswa juga belajar dengan melibatkan aspek diluar kognitif yaitu: kepemimpinan, kerjasama, percaya diri, membangun relasi sosial, tanggung jawab dll.

2.       Siswa belajar dalam suasana nyata.
 Siswa menghadapi problem nyata yang harus diselesaikan bersama. Suasana nyata lebih merangsang siswa (sesuai CTL)

3.      Ada suasana Zona of Proximal Development (ZPD/teori Vigotsky)
 Siswa mampu mengembangkan kemampuan kognitifnya dengan membangun komunikasi dan               bantuan dari teman sebaya atau orang dewasa.

4.        Merayakan
       Seringkali dalam pembelajaran reguler siswa dibatasi dalam berekspresi. Didalam buku Quantum        Learning merayakan hasil usaha dianggap hal penting. Didalam kegiatan lepas semester justru siswa punya kesempatan berekspresi merayakan usahanya (baik gagal maupun berhasil dalam kompetisi)


Inilah potret kreatifitas siswa SMPN 1 jatirogo dalam menghias taman kelas pada kegiatan lepas semester. Kegiatan ini diharapkan juga mampu mendorong sekolah dalam rangka menuju sekolah adiwiyata.


                                                Jamurnya dari limbah bola plastik 

Yang ini karya kelas 7 (masih perlu proses belajar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar