Laman

Jumat, 29 April 2016

Pembelajaran Faktorisasi Aljabar Kelas 8 SMP Dengan Kartu

A.      TUJUAN
1.       Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan
2.       Menciptakan pembelajaran dengan melibatkan aspek kognitif, psikomotorik dan emosi
B.      PELAKU PERMAINAN
1.       Guru
2.       Operator (2 siswa)
3.       Dua pasang pemain


C.      TUGAS
1.       Guru
-          Mengarahkan dan menghitung hasil skor dan mencatat jalannya permainan
2.       Operator
-          Mengacak dan membagi kartu jawaban pada tiap pasang pemain
-          Melempar kartu soal
-          Menentukan benar/salah kartu jawaban
-          Memberi batas waktu menjawab (melempar kartu jawaban)
-          Bekerjasama dengan pasangan
3.       Pemain
-          Menjawab kartu soal dan melempar kartu jawaban yang dipunyai
-          Mengambil kartu jawaban sisa(sengaja tidak dibagi) jika merasa kartu yang dipunyai tidak ada jawaban dari soal
-          Bekerjasama dengan pasangan
D.      ALAT/BAHAN
a.       Set kartu yang terdiri dari
1.     Kartu soal 3 buah berisi soal faktorisasai aljabar
2.     Kartu jawaban yang terdiri dari jawaban benar dan jawaban pengecoh
3.     Tiap satu soal punya 2 kartu jawaban benar dan 1 pengecoh
Contoh set kartu bisa lihat di sini
b.      Daftar skor dan catatan permainan (dipegang guru)
Contoh tabel penilaian bisa lihat di sini
E.       DENAH  PERMAINAN


                                          Denah Permainan Kartu Faktorisasi Aljabar 

 RPP pembelajaran lihat di sini
F.       TATA CARA PERMAINAN
1.       Guru memberi 1 set kartu pada operator
2.       Operator memilah kartu menjadi dua kelompok yaitu kartu soal dan kartu jawaban
3.       Operator mengacak kartu soal (tiga kartu soal)
4.       Operator mengacak kartu jawaban, membagikan (tiga kartu tiap satu pasang pemain) dan menyusun sisa kartu
5.       Operator melempar sebuah kartu soal
6.       Pemain melakukan analisa, mencari jawaban pada kartu dan melemparnya pada soal
7.       Jika pemain merasa tidak punya kartu jawaban boleh ambil kartu sisa
8.       Jika jawaban pemain salah nilain -1, jika benar 1 dan jika tidak melempar jawaban 0
9.       Operator memberi batas waktu (1 soal 30 detik) menjawab soal
10.   Guru menilai hasil permainan selama permainan berlangsung
11.   Permainan dilakukan sampai kartu soal habis.
12.   Pemenang permainan ditentukan lewat nilai.
13.   Setiap siswa wajib menjadi peserta (termasuk yang pernah menjadi operator)
G.     RAMBU-RAMBU
1.       Soal dibuat dalam bentuk dasar (generik) dan mudah
2.       Siswa yang belum mendapat giliran bermain boleh menonton tetapi tidak boleh mengganggu dan membantu pemain.
3.       Keberuntungan berpengaruh dalam permainan ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar