A.
TUJUAN
1.
Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan
2.
Menciptakan pembelajaran dengan melibatkan aspek
kognitif, psikomotorik dan emosi
B.
PELAKU PERMAINAN
1.
Guru
2.
Operator (2 siswa)
3.
Dua pasang pemain
C.
TUGAS
1.
Guru
-
Mengarahkan dan menghitung hasil skor dan mencatat jalannya
permainan
2.
Operator
-
Mengacak dan membagi kartu jawaban pada tiap pasang
pemain
-
Melempar kartu soal
-
Menentukan benar/salah kartu jawaban
-
Memberi batas waktu menjawab (melempar kartu jawaban)
-
Bekerjasama dengan pasangan
3.
Pemain
-
Menjawab kartu soal dan melempar kartu jawaban yang
dipunyai
-
Mengambil kartu jawaban sisa(sengaja tidak dibagi)
jika merasa kartu yang dipunyai tidak ada jawaban dari soal
-
Bekerjasama dengan pasangan
D.
ALAT/BAHAN
a.
Set kartu yang terdiri dari
1.
Kartu soal 3 buah berisi soal faktorisasai aljabar
2.
Kartu jawaban yang terdiri dari jawaban benar dan
jawaban pengecoh
3.
Tiap satu soal punya 2 kartu jawaban benar dan 1
pengecoh
Contoh set kartu bisa lihat di sini
b.
Daftar skor dan catatan permainan (dipegang guru)
Contoh tabel
penilaian bisa lihat di sini
E.
DENAH PERMAINAN
Denah Permainan Kartu Faktorisasi Aljabar
RPP pembelajaran lihat di sini
F.
TATA CARA PERMAINAN
1.
Guru memberi 1 set kartu
pada operator
2.
Operator memilah kartu
menjadi dua kelompok yaitu kartu soal dan kartu jawaban
3.
Operator mengacak kartu
soal (tiga kartu soal)
4.
Operator mengacak kartu
jawaban, membagikan (tiga kartu tiap satu pasang pemain) dan menyusun sisa
kartu
5.
Operator melempar sebuah
kartu soal
6.
Pemain melakukan analisa,
mencari jawaban pada kartu dan melemparnya pada soal
7.
Jika pemain merasa tidak
punya kartu jawaban boleh ambil kartu sisa
8.
Jika jawaban pemain salah
nilain -1, jika benar 1 dan jika tidak melempar jawaban 0
9.
Operator memberi batas
waktu (1 soal 30 detik) menjawab soal
10.
Guru menilai hasil
permainan selama permainan berlangsung
11.
Permainan dilakukan sampai
kartu soal habis.
12.
Pemenang permainan
ditentukan lewat nilai.
13.
Setiap siswa wajib menjadi
peserta (termasuk yang pernah menjadi operator)
G.
RAMBU-RAMBU
1.
Soal dibuat dalam bentuk
dasar (generik) dan mudah
2.
Siswa yang belum mendapat
giliran bermain boleh menonton tetapi tidak boleh mengganggu dan membantu
pemain.
3.
Keberuntungan berpengaruh
dalam permainan ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar