Laman

Jumat, 25 Maret 2016

Ketika Kethoprak Menjadi Bagian Pembelajaran

Pada ujian praktik pelajaran Bahasa Jawa kali ini, SMPN 1 Jatirogo menetapkan kethoprak sebagai materi uji. Kesenian teater tradisional Jawa ini dipilih sebagai materi ujian praktik kelas sembilan karena berbagai alasan. (1) untuk mengukur ketrampilan siswa dalam berbahasa Jawa (2) untuk mengembangkan kemampuan kerjasama karena materi kethoprak ini dilakukan secara kelompok (3) mendorong generasi muda untuk mengenal dan cinta pada kesenian kethoprak yang sudah mulai tergerus oleh jaman.

Ditengah tuduhan bahwa generasi muda sudah tidak mengenal budaya tradisional, siswa-siswi SMPN 1 Jatirogo justru menunjukkan fakta yang sebaliknya. Kethoprak sebagai materi  ujian praktik oleh mereka dikerjakan dengan sugguh-sungguh. Mereka mempersiapkan naskah cerita, mematangkan latihan, menyusun irama musik merancang tata rias sampai merancang tata panggung dan perlengkapannya.


Untuk semua itu para siswa SMPN 1 Jatirogo saling bahu membahu dan membagi tugas sesuai dengan kemampuan. Hampir tiap hari mereka bekerja kelompok dan pulang sampai menjelang petang. Pada tahapan ini tugas proyek ujian praktik kethoprak ini memenuhi unsur model pembelajaran kooperatif menurut Lungdren yaitu :
1.  Para siswa harus memiliki persepsi bahwa mereka “tenggelam dan berusaha bersama menyelamatkan diri”.
2.  Para siswa harus menyadari perbedaan individu.
3.  Para siswa harus berpandangan bahwa mereka semua memiliki tujuan yang sama.
4.  Para siswa membagi tugas dan berbagi tugas dan berbagi tanggung jawab di antara para anggota kelompok.


Untuk keberhasilan dalam tugas Ujian praktik Bahasa Jawa ini para siswa kelas sembilan SMPN 1 Jatirogo juga minta bantuan orang dewasa yang lebih tahu atau ahli. Mereka juga saling mencontoh, membantu dan mendukung antar kelompok/kelas. Inilah yang disebut dengan ketrampilan sosial yang penting untuk mengembangkan kemampuan kognitif yang menjadi tujuan pembelajaran kooperatif.


Cuplikan video kethoprak disini
Album (1) disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar